HUT Satpol PP, Linmas, dan Damkar, Pj Gubsu Sampaikan Tiga Pesan Mendagri

VIRAL24.CO.ID – DELISERDANG – Hadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Satuan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Linmas), dan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024 yang diwarnai sejumlah atraksi menghibur diapresiasi Penjabat Gubernur Sumut (Pj Gubsu) Hassanudin sekaligus menyampaikan tiga pesan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

“Sesuai arahan Menteri Dalam Negeri dalam sambutannya pada HUT Satpol PP dan Linmas tingkat nasional di Kota Padang, saya ingin mengingatkan kembali beberapa hal kepada seluruh anggota Satpol PP dan Satuan Pelindungan Masyarakat,” ujar Pj Gubernur Hassanudin di hadapan apel personil Satpol PP, Linmas, Damkar seluruh kabupaten/kota se-Sumut di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar, Medan Estate, Deliserdang, Kamis (7/3/2024).

Pertama, kata Hassanudin, dengan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menciptakan suasana aman dan tertib dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. Kedua, berkoordinasi serta kolaborasi bersama TNI/Polri dan Forkopimda dalam melakukan pemantauan terhadap harga bahan pokok untuk memastikan kecukupan stok dan stabilitas harga, serta ketersediaan BBM. Ketiga, meningkatkan profesionalisme serta kapasitas aparatur dalam urusan ketentraman umum dan pelindungan masyarakat sebagai salah satu urusan wajib pelayanan dasar.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi menerbitkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, Serta Walikota Dan Wakil Walikota tahun 2024 yang ditetapkan pada 26 Januari 2024. Berdasarkan hal itu, pemilihan kepala daerah serentak yang terdiri dari satu gubernur, 25 bupati dan 8 walikota akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

“Saya yakin dan percaya, pengalaman Pilkada sebelumnya serta pemilihan umum pada tahun ini akan menjadi landasan yang kuat bagi Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar dalam menjalankan tugas-tugas secara efektif dan pofesional. Dengan memanfaatkan pengalaman tersebut, diharapkan Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar dapat lebih siap dan tanggap menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama masa kampanye dan pelaksanaan Pilkada serentak nantinya,” kata Hassanudin.

Karena itu, kata Hassanudin, pada ulang tahun Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar pada tahun 2024 ini, sebagai tahun refleksi, untuk bersikap semakin tegas, namun tetap humanis, proaktif, dalam mencermati kondisi dan dinamika di wilayah masing-masing.

Usai melaksanakan upacara, Pj Gubernur Sumut, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Forkopimda Sumut, dan seluruh pimpinan OPD Sumut, disuguhkan sejumlah atraksi. Atraksi yang ditampilkan dari personel gabungan Satpol PP, BPBD, dan Damkar itupun mencuri perhatian para tamu dan undangan yang hadir. Atraksi yang ditampilkan seperti bela diri taktis, tameng dan tongkat, pemecahan batu hebel berlapis-lapis, penaklukan ular kobra berbisa, simulasi penyelamatan dari ketinggian dan kebakaran, serta simulasi pemberian pertolongan cepat dari bencana.

Pada kesempatan itu, dengan mengendarai Jip, Pj Gubernur Sumut juga memeriksa seluruh personel yang berbaris rapi. Perayaan HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar juga ditandai pemotongan tumpeng oleh Pj Gubernur Hassanudin yang diikuti menyanyikan lagu “Selamat Ulang Tahun” dan berfoto bersama. (V24/RT)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *