Wali Kota Medan dan BWS Bahas Atasi Permasalahan Banjir di Medan

Pemerintahan19 views

VIRAL24.CO.ID – MEDAN – Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM melakukan pertemuan dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II di Ruang Khusus Wali Kota, Kantor Wali Kota, Senin (17/5). Pertemuan ini merupakan koordinasi Pemko Medan dan BWS guna membahas cara dan solusi untuk mengatasi permasalahan banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Medan.

Dalam pertemuan tersebut, Wali Kota Medan didampingi Kadis PKPPR Benny Iskandar dan Kepala Bappeda Irwan Ritonga dan Perwakilan Dinas PU Kota Medan mengutarakan sejumlah permasalahan yang menyebabkan banjir di kota Medan. Salah satunya disebabkan karena pendangkalan dan penyempitan yang terjadi di sejumlah sungai. Karena sungai merupakan kewenangan dari BWS maka diharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan solusi yang cepat untuk mengatasi permasalahan banjir di Kota Medan.

Menurut Wali Kota, hal ini dapat dilakukan dengan membuat pintu di kanal baik itu yang dari sungai Deli maupun diujung sungai Percut. Sehingga jika debit air sungai Deli tinggi maka dapat dialirkan ke Kanal, namun jika Kanal sudah penuh dan melawati batas pintu kanal di sungai Deli dapat di tutup kembali.

Selain itu Wali Kota juga menjelaskan Pemko Medan juga telah melakukan kewenangannya dalam mengatasi permasalahan banjir. Salah satunya dengan melakukan penganggaran untuk pembebasan lahan untuk dijadikan kolam disekitar aliran sungai. Artinya dalam hal ini perlu kolaborasi antara Pemko Medan dan BWS Sumatera II, agar titik yang akan dijadikan kolam lebih jelas, sehingga Pemko tidak salah dalam memilih lahan yang akan dibebaskan.

Sementara itu Kepala BWS Sumatera II,  Maman Noprayamin ST MT mengungkapkan terkait dengan Penanganan banjir di Kota Medan, Pihaknya telah  memprogramkan dan saat ini  sudah mendekati akhir desain. Hanya saja menurutnya di beberapa sisi di kota Medan banyak permasalahan, baik itu lahan, penyempitan aliran sungai, bangunan Infrastruktur yang menghambat aliran maupun drainase. (Vin)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *