Pemko Medan Berkolaborasi Dengan BWS Sumatera II Mengatasi Banjir di Kota Medan

Pemerintahan20 views

VIRAL24.CO.ID – Medan – Kesiapan tersebut disampaikan langsung oleh Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution,SE.,MM saat memimpin rapat koordinasi membahas pelaksanaan pekerjaan pengendalian daya rusak Sungai Deli oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II di Kantor Wali Kota Medan, Senin (15/03).

Rapat tersebut dihadiri langsung oleh Kepala BWS Sumateta II, Maman Noprayamin beserta jajarannya, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan, dan Camat.

Rapat diawali dengan paparan yang disampaikan oleh Kepala BWS Sumatera II, dimana dalam paparannya tersebut memetakan sungai yang berpotensi mengakibatkan banjir di kota Medan diantaranya berasal dari Sungai Percut, Sungai Kera, Sungai Deli, Sungai Sikambing, Sungai Putih, Sungai Babura, Sungai Bekala, Sungai Bedera, dan Sungai Belawan.

Untuk mengatasi persoalan banjir tersebut BWS Sumatera II telah memiliki program rencana penanganan banjir di Kota Medan diantaranya meningkatkan kapasitas Sungai Belawan mulai dari muara sampai pertemuan Sungai Bras sepanjang 37.5 KM dan anak sungainya. Selanjutnya peningkatan kapasitas Sungai Badera mulai dari pintu tol Helvetia sampai jalan Gatot Subroto (Kodam) sepanjang 3.5 Km, peningkatan kembali kapasitas Sungai Putih, peningkatan kembali kapasitas Sungai Sikambing, dan peningkatan kapasitas Sungai Deli Hulu mulai dari pertemuan Sungai Babura sampai Titi Kuning sepanjang 7.5 Km.

Menanggapi paparan dari Kepala BWS Sumatera II tersebut, Wali Kota Medan kemudian menyampaikan kesiapan Pemko Medan agar terealiasasinya program normalisasi sungai oleh BWS Sumatera II sehingga dapat mereduksi banjir yang ada di Kota Medan.

Apabila nantinya diperlukan pembebasan lahan ataupun relokasi terhadap masyarakat, maka Wali Kota Medan mengatakan akan terlebih dahulu mensosialisasikan dan mencari solusinya.

Wali Kota Medan juga menginstruksikan kepada OPD terkait untuk mendukung BWS dalam menjalan programnya untuk menormalisasi sungai agar tidak terjadi lagi banjir di kota Medan. (Vin)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *