Haris Kelana Damanik Gantikan Aulia Rachman di DPRD Medan dari Fraksi Gerindra

Advertorial155 views

VIRAL24.CO.ID – Medan – DPRD Medan menggelar sidang paripurna peresmian dan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW), dan sekaligus pengambilan sumpah/janji Anggota DPRD Medan sisa masa jabatan 2019-2024 atas nama Haris Kelana Damanik menggantikan kerabatnya Aulia Rahman dari Fraksi Gerindra, Senin (23/11/2020).

Sidang Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Medan Hasyim, SE, didampingi Wakil Ketua Rajuddin Sagala, HT. Bahrumsyah, Ihkwan Ritonga, dan turut dihadiri Pjs Walikota Medan Arief S Trinugroho, Sekda Kota Medan Wirya Alrahman, Anggota DPRD Medan dan Forkopimda Kota Medan.

Proses PAW ini ditandai dengan pengambilan sumpah janji Haris Kelana Damanik oleh Ketua DPRD Medan, Hasyim. Kemudian dilanjutkan dengan pemakaian pin lencana DPRD Medan sekaligus menyerahkan surat keputusan Gubernur Sumut tentang pengangkatan PAW Anggota DPRD Medan Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Dalam pidato sambutannya, Ketua Hasyim mengatakan pelaksanaan PAW ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumatera Utara No.188,4/545/KPTS/19 tertanggal 9 September 2019, tentang peresmian Pengganti Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2019-2020 antara Haris Kelana Damanik yang menggantikan H. Aulia Rahcman.

“Sesuai dengan hasil rapat Badan Musyawarah DPRD Kota Medan tanggal 17 November 2020, mala hari ini dilaksanakan peresmian pemberhentian dan pengangkatan pengganti antar waktu Anggota DPRD Kota Medan sisa masa jabatan 2019 – 2024 atas nama Haris Kelana Damanik, dalam acara rapat paripurna DPRD Kota Medan,” ujar Hasyim.

Dengan menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan undangan yang hadir, lanjut Hasyim, DPRD Kota Medan hari ini sudah melakukan dua paripurna penting, yaitu paripurna pengesahan APBD tahun 2021 dan paripurna PAW Haris Kelana Damanik. Dimulai dari tanggal penetetapan surat pengangkatan dan pemasangan pin logo DPRD ini, Haris Kelana resmi menjadi anggota DPRD yang baru menggantikan saudara Aulia Rahcman,” kata Hasyim.

Ia berharap Haris Kelana Damannik segera aktif dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama dalam menyerap dan memperjuangkan aspirasi para konstituen yang telah memilihnya dalam pemilu legislatif tahun 2019 lalu.

Hasyim juga mengharapkan Haris Kelana bekerja dengan sungguh-sungguh. “Agar seluruh alat kelengkapan di DPRD Medan ini bisa berjalan dengan baik dan benar. Sehingga semua aspirasi masyarakat Kota Medan bisa ditampung dan ditindak lanjuti dengan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pjs Walikota, Arief S Trinugroho, dalam sambutannya mengatakan pelantikan tersebut menjadi awal untuk menunjukkan dedikasi dan loyalitas sebagai wakil rakyat.

Oleh sebab itu lanjut Pjs Wali Kota, Haris Kelana Damanik diharapkan dapat menjalin kerjasama dan saling mengisi demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“PAW bagi anggota DPRD merupakan proses politik yang dilakukan untuk memenuhi keanggotaan di DPRD. Harapannya, segala tugas dan tanggung jawab yang dilakukan dapat berjalan sesuai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan,” ungkapnya.

Dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan kota, jelas Pjs Wali Kota, banyak tantangan yang dihadapi. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sinergitas dari semua pihak dan pemangku kepentingan terlebih kemitraan antara eksekutif dan legislatif.

“Partisipasi dan kontribusi dari seluruh kepentingan kota harus terus kita optimalkan. Saya optimis, dengan visi bersama dan kemitraan yang kuat antara eksekutif dan legislatif, kita mampu mewujudkan tujuan-tujuan besar masyarakat dalam pembangunan,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Pjs Wali Kota mengajak dan berharap semua pihak untuk senantiasa menjaga kondusifitas Kota Medan. Pjs walikota juga berharap,Haris mampu memyumbangkan pemikiran dan inovasi untuk lebih memajukan Kota Medan.

“Kewaspadaan harus selalu ditingkatkan. Mari bersama bergandeng tangan menyelenggarakan pembangunan. Karena, keberhasilan pembangunan kota terletak dari tugas kita semua termasuk fungsi pengawasan yang dijalankan DPRD Medan,” pungkasnya.

Setelah selesai diambil sumpah, Haris Kelana Damanik yang ditemui wartawan, berjanji akan bekerja dan berbuat untuk masyarakat Kota Medan, khususnya yang pernah memilih dirinya pada Pileg 2019 lalu. Sebab, tanpa adanya peran serta masyarakat, dirinya bukanlah siapa-siapa. Insha Allah kita akan mementingkan kepentingan masyarakat. Bukan golongan ataupun pribadi,” ucapnya singkat.

Ditempat yang sama usai pelantikan Aulia Rachman berpesan kepada Haris Kelana Damanik dalam menjalani tugasnya sebagai PAW dirinya, agar amanah dalam menjalani tugas anggota DPRD Medan. Mudah-mudahan dia amanah dengan jabatan barunya ini”.

Apalagi, ditekankan Aulia, untuk wilayah Medan Utara dan sekitarnya perlu mendapat perhatian karena dilingkupi berbagai persoalan. Kita berkeinginan kepentingan masyarakat Medan Utara dan Kota Medan itu jadi prioritas dibanding kepentingan pribadi saja,” harapnya.

Diketahui, Haris Kelana Damanik ikut dalam pemilihan legislatif 2019 lalu dari Partai Gerindra, khususnya dari wilayah Medan Utara dengan perolehan suaranya berada di bawah Aulia Rachman, yang saat itu ditetapkan menjadi anggota DPRD Medan terpilih masa jabatan 2019-2024. (Red-01)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *